Daftar

Tren Teknologi Terbesar Tahun 2022

shape image

Tren Teknologi Terbesar Tahun 2022

  readmore

PituApp.id – Pada tahun 2022 pandemi covid-19 akan terus berdampak pada kehidupan kita dalam banyak hal. Ini berarti bahwa kita akan terus melihat percepatan digitalisasi dan virtualisasi bisnis dan masyarakat. Namun, saat kita memasuki tahun baru, kebutuhan akan keberlanjutan, volume data yang terus meningkat, serta peningkatan kecepatan komputasi dan jaringan akan mulai mendapatkan kembali statusnya sebagai pendorong terpenting transformasi digital.

Bagi banyak individu dan organisasi, pelajaran terpenting dari dua tahun terakhir ini adalah bahwa perubahan yang benar-benar transformatif tidak sesulit yang dibayangkan, jika ada motivasi! Sebagai masyarakat, kita pasti akan terus memanfaatkan keterbukaan yang baru ditemukan ini terhadap fleksibilitas, kelincahan, dan pemikiran inovatif, karena fokusnya bergeser dari sekadar mencoba bertahan di dunia yang terus berubah menjadi berkembang di dalamnya.

Dengan mengingat hal itu, berikut adalah prediksi Bernard Marr salah satu penulis buku terlaris dan penulis di situs Forbes mengatakan untuk tren spesifik yang kemungkinan memiliki dampak terbesar pada tahun 2022. Anda tidak akan menemukan renungan tentang komputasi kuantum , neural interface, atau nanoteknologi – sementara itu pasti ada di kartu, dampaknya akan terasa lebih jauh. Sebaliknya, tren paling penting di tahun 2022 cenderung berfokus pada konvergensi tren teknologi, seiring munculnya alat yang memungkinkan kita menggabungkannya dengan cara baru dan menakjubkan.

Tren Teknologi Terbesar Tahun 2022
credit pixabay

Artificial Intelligence everywhere

Artificial Intelligence di mana-mana “Smart” benar-benar hanya terhubung – smartphone, smart TV, dan kebanyakan perangkat pintar lainnya benar-benar hanya mainan lama yang sama tetapi terhubung ke internet. Hari ini, “smart” semakin didukung oleh kecerdasan buatan (AI) – umumnya algoritma pembelajaran mesin – dan mampu membantu kami dengan cara yang semakin inovatif. Mobil pintar menggunakan algoritme pengenalan wajah untuk mendeteksi apakah kita memperhatikan jalan dan memperingatkan kita jika kita mulai lelah. Ponsel cerdas menggunakan algoritme AI untuk melakukan segalanya, mulai dari mempertahankan kualitas panggilan hingga membantu kami mengambil gambar yang lebih baik, dan tentu saja, ponsel ini dikemas dengan aplikasi yang menggunakan AI untuk membantu kami melakukan apa saja. Bahkan toilet pintar sedang dalam perjalanan – mampu membantu mendiagnosis masalah pencernaan dengan menggunakan visi komputer untuk menganalisis sampel tinja.

AI telah menembus alat yang kami gunakan untuk melakukan pekerjaan sehari-hari – mulai dari asisten suara yang ada di mana-mana hingga terjemahan bahasa dan alat yang memungkinkan kami mengekstrak data terstruktur dari gambar, coretan papan tulis, dan catatan tulisan tangan. Ini juga mendukung sebagian besar otomatisasi proses robot yang memungkinkan beban kerja diringankan di departemen admin, logistik, akuntansi, dan SDM. Apa pun industri atau fungsi pekerjaan Anda, kemungkinan besar Anda akan menemukan solusi bertenaga AI yang dirancang untuk membuat hidup Anda lebih mudah.

Tren luas ini mencakup AI, internet of things (IoT), dan jaringan super cepat yang baru muncul seperti 5G, yang semuanya datang bersama-sama untuk menambah kemampuan yang tidak kami miliki beberapa tahun lalu. Ini menyoroti fakta bahwa pada skala waktu yang lebih lama daripada yang kita lihat secara khusus di sini, tren yang paling berdampak dari semuanya adalah konvergensi. Volume data yang meningkat, kecepatan jaringan dan prosesor yang lebih cepat, dan “demokratisasi” data (lebih lanjut tentang ini di bawah) datang bersama-sama dan akan mempengaruhi masyarakat dengan cara yang lebih dari sekadar jumlah bagian mereka.

Berbasis pelayanan dan Revolusi tanpa “Code”

Penggerak lain yang semakin kuat adalah demokratisasi data dan teknologi yang sedang berlangsung. Dalam beberapa tahun terakhir, seluruh industri telah muncul yang bertujuan untuk menempatkan keterampilan dan alat yang diperlukan untuk inovasi berbasis teknologi di tangan sebagian besar masyarakat, terlepas dari keahlian atau pengalaman mereka. Solusi cloud untuk penyimpanan, jaringan dan biaya rata-rata pemrosesan, dan risiko menyiapkan infrastruktur yang mahal untuk mencoba ide-ide baru sangat dimitigasi. Solusi hibrid – ketika layanan cloud publik tidak sepenuhnya sesuai, misalnya saat menangani data yang sangat pribadi atau berharga – telah matang ke titik di mana solusi “terbaik dari kedua dunia” sering kali layak.

Inovasi telah dibatasi di beberapa bidang oleh krisis keterampilan , yang terdengar seperti masalah tetapi telah menjadi pendorong di balik ledakan solusi swalayan dan “lakukan sendiri”. Tidak setiap perusahaan perlu menyewa pasukan jenius komputer untuk membangun “otak digital” mereka sendiri ketika mereka dapat menyewa satu untuk pekerjaan yang perlu mereka lakukan. Solusi AI siap pakai tersedia untuk segala hal mulai dari pemasaran hingga SDM, manajemen proyek, serta perencanaan dan desain proses produksi. Pada tahun 2022, kami akan terus melihat perusahaan-perusahaan menerapkan infrastruktur AI dan IoT tanpa memiliki satu server atau bagian dari kode kognitif.

Antarmuka tanpa kode akan menjadi lebih populer karena kurangnya pengetahuan pemrograman, atau pemahaman terperinci tentang statistik dan struktur data, akan berhenti menjadi penghalang untuk mewujudkan ide yang mengubah dunia menjadi kenyataan. OpenAI – sebuah kelompok riset yang didirikan oleh Elon Musk dan didanai oleh, antara lain, Microsoft, baru-baru ini meluncurkan Codex , sebuah model pemrograman yang dapat menghasilkan kode dari bahasa manusia yang diucapkan secara alami. Seiring dengan semakin matangnya teknologi seperti ini – yang akan mulai kita lihat pada tahun 2022 – dan menyatu dengan kemungkinan yang ditawarkan oleh infrastruktur cloud, inovasi dan imajinasi kita akan semakin jarang terhambat oleh kurangnya sumber daya atau keterampilan teknis.

Digitalisasi, datafikasi, dan virtualisasi

Selama tahun 2020 dan 2021, banyak dari kita mengalami virtualisasi kantor dan tempat kerja, karena pengaturan kerja jarak jauh diterapkan dengan cepat. Ini hanyalah gelombang yang didorong oleh krisis dari tren jangka panjang. Pada tahun 2022, kita akan semakin akrab dengan konsep “metaverse” – dunia digital persisten yang eksis secara paralel dengan dunia fisik tempat kita tinggal. Di dalam metaverse ini – seperti yang oleh pendiri Facebook Mark Zuckerberg – kami akan melakukan banyak fungsi yang biasa kami lakukan di dunia nyata, termasuk bekerja, bermain, dan bersosialisasi. Ketika tingkat digitalisasi meningkat, metaverses ini akan memodelkan dan mensimulasikan dunia nyata dengan akurasi yang semakin meningkat, memungkinkan kita untuk memiliki pengalaman yang lebih mendalam, meyakinkan, dan pada akhirnya berharga dalam dunia digital.

Sementara banyak dari kita telah mengalami realitas virtual yang agak mendalam melalui headset, berbagai perangkat baru yang datang ke pasar akan segera meningkatkan pengalaman yang menawarkan umpan balik taktil dan bahkan bau . Ericsson, yang menyediakan headset VR kepada karyawan yang bekerja dari rumah selama pandemi, dan sedang mengembangkan apa yang disebutnya “ internet indra,” telah meramalkan bahwa pada tahun 2030 pengalaman virtual akan tersedia yang tidak dapat dibedakan dari kenyataan. Itu mungkin terlihat sedikit lebih jauh dari yang kami minati untuk artikel ini. Namun, bersama dengan film Matrix baru, 2022 pasti akan membawa kita selangkah lebih dekat untuk memasuki matriks untuk diri kita sendiri.

Transparansi, Govenrment, dan Akuntabilitas

Agar teknologi berfungsi, kita manusia harus dapat mempercayainya. Kami sudah (benar) melihat penolakan kuat terhadap banyak cara penggunaan teknologi saat ini yang dianggap mengganggu, berbahaya, atau tidak bertanggung jawab. AI, khususnya, terkadang digambarkan sebagai “kotak hitam” – artinya kita tidak dapat melihat ke dalamnya untuk memahami cara kerjanya. Ini sering kali karena kerumitannya daripada skema jahat apa pun untuk membatasi pemahaman kita, namun, efeknya sama. Ini berarti bahwa insiden di mana AI terbukti merusak – misalnya, ketika Facebook baru-baru ini muncul untuk memberi label gambar orang kulit hitam sebagai “ primata ” – sangat mengkhawatirkan. Hal ini terutama berlaku di masyarakat yang mulai melihat AI untuk pengambilan keputusan yang mempengaruhi kehidupan, seperti perekrutan dan pemecatan .

Gagasan tentang AI yang transparan dan dapat dijelaskan telah semakin populer selama beberapa tahun terakhir, karena menjadi jelas bahwa ada segmen masyarakat yang tidak mempercayainya – jelas dengan alasan yang bagus! Pemerintah juga memahami dengan jelas bahwa ada kebutuhan akan kerangka peraturan, sebagaimana dibuktikan oleh keberadaan Undang-Undang Kecerdasan Buatan yang diusulkan UE.. Tindakan yang diusulkan melarang pihak berwenang menggunakan AI untuk membuat sistem penilaian sosial, serta menggunakan alat pengenalan wajah di tempat umum. Ada juga daftar efek yang berpotensi berbahaya, termasuk “mengeksploitasi kerentanan” dan “menyebabkan kerusakan fisik atau psikologis”, yang harus ditunjukkan oleh penyedia solusi AI yang tidak akan disebabkan oleh sistem mereka, sebelum dapat ditawarkan untuk dijual. Beberapa, bagaimanapun, mengklaim bahwa itu tidak cukup jauh karena, dalam kondisinya saat ini, tidak mengandung ketentuan bahwa orang harus diberi tahu ketika mereka menjadi subjek dari proses pengambilan keputusan yang digerakkan oleh AI. CEO Google Sundar Pichai mengatakan bahwa meskipun dia mengakui regulasi AI diperlukan, “ada keseimbangan yang bisa didapat” untuk memastikan inovasi tidak terhambat.efek pada masyarakat yang akan dimiliki AI dan tren teknologi lainnya.

Sustainable energy solutions

Selama pandemi, energi terbarukan adalah satu-satunya bentuk energi yang penggunaannya meningkat . Di AS, penggunaan energi terbarukan meningkat 40% selama sepuluh minggu pertama lock down. Di seluruh dunia, semua penggunaan energi tak terbarukan menurun karena industri tutup dan orang-orang tinggal di rumah, yang mengarah pada pengurangan emisi secara keseluruhan sebesar 8%. Hal ini menimbulkan ekspektasi bahwa peningkatan investasi akan dilakukan untuk menghasilkan energi dari sumber daya terbarukan di tahun-tahun mendatang.

Badan Energi Internasional (IEA) memperkirakan bahwa 40% lebih banyak energi terbarukan dihasilkan dan digunakan selama tahun 2020 dibandingkan dengan tahun sebelumnya dan memperkirakan bahwa pertumbuhan ini akan berlanjut sepanjang tahun 2022. Secara keseluruhan, biaya untuk menghasilkan energi terbarukan dari berbagai sumber, termasuk darat dan angin lepas pantai, matahari dan pasang surut, turun antara tujuh dan 16%. Ini akan menjadi bantuan besar bagi negara dan bisnis yang mencoba mencapai target emisi, seperti menjadi netral karbon atau bahkan negatif karbon. Selain itu, sumber energi baru yang menarik seperti biofuel, hidrogen cair, dan bahkan fusi nuklir menjadi lebih layak, meskipun mungkin sedikit setelah tahun 2022 ketika dampak penuh dari beberapa di antaranya akan terasa. Namun, terobosan di semua bidang ini cenderung menjadi berita utama. Helion Energy – pelopor di bidang energi fusi, yang mereplikasi proses yang digunakan untuk menciptakan energi di bawah sinar matahari – mengharapkan generator fusi prototipe terbaru mereka akan online pada tahun 2022. Aplikasi praktis juga diharapkan muncul di bidang “hidrogen hijau ” energi. Berbeda dengan proses mapan untuk menciptakan energi dari hidrogen,

sumber: forbes

 

Posting Komentar

© Copyright PT. Pilar Digital Nusantara

Form WhatsApp

Kirim Order Anda lewat whatsapp sekarang

Order now